Selasa, 26 Juni 2012

HAKEKAT PEMBELAJARAN

Hakikat pembelajaran adalah suatu sistem belajar yang terencana dan sistematis dengan maksud agar proses belajar seseorang atau kelompok orang dapat berlangsung sehingga terjadi perubahan, yakni meningkatkan kompetensi pembelajar tersebut. Karena itu, guru sebagai ujung tombak dalam pembelajaran seharusnya berusaha menciptakan sistem lingkungan atau kondisi yang kondusif agar kegiatan belajar dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Belajar memiliki tiga atribut pokok ialah:
  1. Belajar merupakan proses mental dan emosional atau aktivitas pikiran dan perasaan.
  2. Hasil belajar berupa perubahan perilaku, baik yang menyangkut kognitif, psikomotorik, maupun afektif.
  3. Belajar berkat mengalami, baik mengalami secara langsung maupun mengalami secara tidak langsung (melalui media). Dengan kata lain belajar terjadi di dalam interaksi dengan lingkungan. (lingkungan fisik dan lingkungan sosial).
Belajar adalah sebuah proses perubahan, yaitu perubahan tingkah laku seseorang atau subyek belajar.
Tujuan belajar bagi subyek belajar adalah untuk:
  1. mendapatkan dan meningkatkan pemahamannya tentang pengetahuan
  2. menanamkan konsep dan meningkatkan ketrampilan
  3. pembentukan sikap.
Perpustakan sebagai gudang ilmu pengetahuan baik bagi siapa saja yang ingin mengembangkan pengetahuan tentang pendidikan, bukan sebagai memenuhi keprluan yang di butuhkan baru di cari, tetapi jadikan perpustakan sebagai suatu pengembangan ilmu pengetahuan yang luas selama ahkir hayat.

4 komentar:

  1. untuk mencapai tujuan pembelajaran, smua komponen harus dilengkapi untuk saling mendukung dalam pencapaian akan pengetahuan.

    BalasHapus
  2. gambaran perpustakaan yang indah...kira-kira di daerah terpencil ada perpustakaan seindah dan selengkap seperti foto diatas? mudah-mudahan segera ada..hehhe demi kemajuan pendidikan kita..cayyyoooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin saat ini blum ada, ttp kita2 ini yang sekolah hingga Mencapai Mpd, kita harus saling membahu melengkapi akan perpustakaan di daerah2 terpencil.

      Hapus
  3. semangat adalah motivasi yang baik dalam belajar.. untuk itu semua tergantung pendidik dalam melakukan proses pembelajaran. harus, aktif, efektif dan menyenangkan

    BalasHapus